Kamis, 15 Desember 2011 Komputer Selalu Scandisk Saat Start Up

Mungkin anda pernah mengalami hal seperti ini, biasanya sih hal ini terjadi jika anda tidak mematikan komputer anda secara paksa atau tiba-tiba listrik mati atau dengan kata lain komputer anda tidak shutdown secara normal.

Tapi bagaimana setelah melakukan scandisk sampai selesai di awal startup dan setelah menyalakan untuk kedua dan ketiga kalinya akan tetap keluar scandisk tersebut ????? trus solusi nya gimana.

mengapa hal ini bisa terjadi, ini karena Hardisk anda memiliki bit yang kotor oleh karena itu hardisk anda peru di checkdisk, sebelum nya anda harus mengeck apakah benar hardisk anda ada bit yang kotor. Caranya masuk ke command promp start–>run–>ketikkan cmd lalu enter.

di command prom ketikkan : c:/>fsutil dirty query d:
atau seperti gambar di bawah ini

apabila salah satu drive anda ada dirty query maka anda bisa membersihkannya dengan perintah, contoh drive D anda dirty :
d:/>chkdsk /f  /x  atau seperti gambar di bawah ini :

perintah chkdsk /f adalah untuk memperbaiki error pada disk dan chkdsk /x digunakan untuk menutup proses yang sedang menggunakan drive yang akan di ceheckdisk dan biasanya dipasangkan dengan /f seperti perintah di atas.
Untuk mendalami perintah chkdsk, AUTOchk, chkNTFS bisa ke link ini
Semoga bermanfaat..........


http://wirro-dita.blogspot.com